Kerjakan Ramadhan, Ramadhankan Kerjaan

 

Bulan ramadhan tiba lagi – Bulan yang penuh berkah penuh rahmat, Bulan yang begitu sarat dengan hikmah kehidupan. Walaupun sebagian menganggap puasa bisa mengakibatkan penurunan semangat kerja dan produktivitas karena kurangnya logistik yang masuk. Kalau kita merenung sejenak ternyata ada beberapa nilai atau hikmah positif yang bisa kita serap dan terapkan dalam dunia kerja, diantaranya :

  1. Manajemen pikiran, ketika berpuasa kita tidak makan dan minum selama lebih dari 14 jam. Rasanya mustahil kita lakukan dalam keadaan biasanya, khawatir haus-lapar-lemas, namun nyatanya dengan menata pikiran dengan niat diawal puasa, kita bisa beraktivitas normal loh!. Seringkali dalam bekerja pikiran mengerdilkan potensi diri sering muncul ketika ditantang melakukan pekerjaan dengan levelnya diatas kebiasaan. Mulai sekarang tata pikiran dengan selalu mengatakan “Pasti ada jalan……” dalam diri Anda.
  2. Manajemen emosi, ketika berpuasa asupan energi kedalam tubuh sangat terbatas, luarbiasanya kondisi ini malah membuat kita lebih tenang dan bijak dalam berkata dan bertindak karena kita selalu teringat ada nilai pahala dalam kesabaran yang kita lakukan. Dalam pekerjaan, seringkali kita dihadapkan pada situasi yang serba terbatas, yuk mulai tata emosi dengan berpikir positif bahwa selalu ada pembelajaran disetiap kejadian.
  3. Orientasi masa depan, berpuasa terasa menyenangkan karena kita sudah tahu diujungnya ada saatnya berbuka puasa dan dipenghujung utamanya ada idul fitri yang menggembirakan. Didalam pekerjaan, kita harus merasa senang, tenang dan menikmati prosesnya karena kita yakin diujungnya ada hasil yang pasti kita dapat yaitu kompetensi meningkat, pertemanan yang mengikat, dan apresiasi terhadap pengalaman kerja yang memikat
  4. Kedisiplinan, ketika berpuasa kita dilatih untuk disiplin mengerjakan segala aktivitas tepat dan sesuai waktunya, ada waktu sahur, berbuka, sholat wajib dan taraweh. Didunia kerja, kedisiplinan adalah akar dari ketekunan dan ketekunan inilah yang mampu mengundang kesuksesan.
  5. Kejujuran, ketika berpuasa seringkali kita luput dari pengamatan orang, peluang berbuat pelanggaran sangatlah besar, kejujuran karena merasa ada Allah yang selalu mengawasi kita. Didunia kerja kejujuran adalah aset berharga, kejujuran adalah magnet datangnya keberkahan dan kemudahan rejeki kita.

 

Coach asNando Danu
(Happiness coach indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *