Mau Sehat dan Bahagia? Kerja adalah obatnya

 

Ada anggapan kalau kerja itu bikin capek, pegal, stress dan jauh dari perasaan senang apalagi bahagia. Namun ada suatu penelitian yang sangat menarik dari sisi kesehatan saat kita bekerja. Di dalam tubuh kitaterdapat 3 zat yang sangat penting dalam metabolisme tubuh yang hanya bisa tercipta jika tubuh kita bergerak, beraktivitas atau bekerja, yaitu:

  • Zat Dopharmin: Zat ini berfungsi memberikan rasa nyaman dalam tubuh. Maka dari itu apabila kita bangun tidur, badan terasa sangat kaku serta tidak nyaman. Kemudian rasa tidak nyaman tersebut berangsur – angsur hilang dan menjadi lebih nyaman ketika badan mulai digerakkan. Dalam bahasa jawa, istilah ini disebut “mulet”
  • Zat Endhorphin: Seperti namanya, sifat zat ini sama seperti morphin yang memberikan sensasi bahagia dan senang. Seringkali kita menjumpai orang tua kita zaman dulu walaupun sudah berumur tetapi hobinya bersih – bersih, bertukang dan pekerjaan yang menguras energi fisik lainnya. Apabila kita tanyakan tentang apa alasannya, mayoritas dari mereka menjawab “Kalau badan tidak digerakan, akan merasa sakit semua dan yang terpenting kalau sudah keluar keringat ada perasaan senang, tentram dan bahagia yang muncul”.
  • Zat adrenalin: Zat ini seringkali dibahas karena bisa membuat kita melakukan sesuatu sampai diluar batas kemampuan kita pada umumnya. Zat ini hanya bisa dihasilkan ketika kita sudah bergerak, bertindak dan berusaha.

Jadi, apabila kita hobinya malas – malasan, pesimis, mudah menyerah serta tidak mau mencoba, ketiga zat diatas tidak akan pernah terbentuk dan akibatnya perasaan nyaman, tenang, bahagia tidak pernah datang pada kita.

So, mulai sekarang nikmati segala macam pekerjaan, usaha dan tindakan kita, karena itu semua adalah sumber kesehatan, kenyamanan, kebahagiaan diri kita saat bekerja. Yang terpenting keajaiban berupa kemudahan dari Tuhan akan menghampiri kita dari jalan yang tidak kita sangka – sangka

 

Coach asnando Danu

(Motivator kerja bahagia, corporate coach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *